Produk Investasi Syariah Yang Sebaiknya Kamu Ketahui

Saat ini telah tersedia beragam jenis investasi yang dapat dijalankan dan tentunya menguntungkan. Namun akhir-akhir ini yang cukup banyak dilirik oleh masyarakat yaitu investasi syariah. Sebenarnya investasi syariah hampir sama dengan investasi konvensional pada umumnya namun yang membedakan terletak pada keuntungan yang didapat. Jika investasi konvensional dengan sistem bunga maka pada syariah menggunakan sistem bagi hasil.

Ini dia daftar produk investasi syariah yang sebaiknya kamu ketahui:

  • Asuransi syariah

Jika asuransi konvensional beban premi yang dibayarkan nasabah akan menjadi milik pihak perusahaan maka hal ini berbeda pada asuransi syariah. Beban premi yang dibayarkan nasabah akan dikumpulkan dan kemudian dialokasikan oleh pihak bank ke dalam bentuk tabungan baru dan nantinya juga dapat digunakan sewaktu-waktu jika nasabah mengalami musibah dalam bentuk pembayaran klaim. Asuransi syariah dikatakan investasi karena pada akhir periode nanti akan dibagi keuntungan dana premi nasabah yang dikelola bank.

  • Saham syariah

Pada investasi saham juga menerapkan prinsip ekonomi syariah. Pada saham syariah taka da usaha-usaha yang dijalankan yang bertentangan dengan syariat islam. Contoh saham syariah dari perusahaan consumer yaitu seperti Indofood, garuda food, dan lain sebagainya.

  • Tabungan pendidikan

Beberapa bank syariah menyediakan tabungan pendidikan bagi nasabah. Tabungan ini bersifat feksibeldalam setoran bulanan, berjangka panjang. Selain itu juga memberikan fasilitas asuransi kerja sama antara pihak bank dengan perusahaan asuransi.

  • Reksadana syariah

Produk investasi syariah selain diatas yaitu reksadana syariah. Pada reksadana syariah, investasi dilakukan oleh manajer investasi dengan mempertimbangkan keuntungan serta kehalalan produk inestasi sehingga dijamin bersih dari riba dan harga reksadana syariah cenderung lebih stabil dibandingkan dengan reksadana konvensional.

  • Investasi emas

Selain simole, jenis investasi ini juga termasuk kedalam investasi syariah karena tidak bertentangan dengan konsep ekonomi islam sesuai syariat. Jenis investasi ini sangat dianjurkan karena selain nilainya yang terus meningkat setiap waktu sehingga cocok untuk jangka oanjang juga jauh dari riba.

Demikian tadi lima produk investasi syariah yang bisa kamu pilih dan tentunya menguntungkan. Saat ini investasi berkonsep syariah seperti properti syariah sedang diminati karena dirasa lebih bagus dan adil serta menggunakan prinsip-prinsip ekonomi islam.